Back to news

NEWS
,
June 9, 2015

Dry Denim, A Personal Piece of Choice

Edited by Lee Cooper Indonesia

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Dry Denim atau yang punya nama lain Raw Denim. Jenis denim satu ini merupakan salah satu varian denim paling spesial diantara seluruh jenis yang ada. Keistimewaan Dry Denim terletak pada citra craftmanship dan kesan DIY (Do It Yourself) yang kuat melekat pada Dry Denim, pasalnya dengan jenis denim satu ini si empunya bisa bebas berekspresi serta mengeluarkan tanda jati diri yang ia miliki.

 

Sejatinya, Dry Denim dapat dibuat menggunakan material denim yang biasa kita kenakan, meskipun salah satu jenis bahan yang sering digunakan adalah selvage denim. Perbedaan mendasar dari Dry Denim justru terdapat pada proses pembuatannya. Pada tahapan akhir dalam pembuatan Dry Denim, proses Storm Washing atau proses finishing terakhir yang jamak dilakukan pada jeans biasa dienyahkan begitu saja. Walhasil, Dry Denim memiliki tekstur khas yang sangat berbeda dari denim biasa, terasa lebih keras, tebal, padat, kaku, dan memiliki warna lebih gelap.

Tekstur yang berbeda ini akan sangat dirasakan pada pemakaian pertama kali dan kerap menyebabkan penggunakan merasa tidak nyaman bila hanya mengenakan Dry Denim tanpa celana pendek dalaman (boxer). Biasanya tekstur awal Dry Denim yang keras dan kaku akan bertahan hingga pemakaian kedua atau ketiga, dan setelahnya tingkat kekakuan pada Dry Denim akan berkurang drastis. Tidak hanya itu, seiring berjalannya waktu, Dry Denim akan lebih menyesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya dan lambat laun akan semakin merefleksikan diri pemakainya. Hal inilah yang menjadikan Dry Denim begitu spesial di kalangan pecinta denim.

Kebebasan berekspresi, berkreasi, dan bereksperimen sangat dirasakan ketika mengenakan Dry Denim. Jika pada dasarnya dengan pemakaian minimum 6 bulan tanpa dicuci, Dry Denim akan memunculkan efek crinkle, whiskers dan destroyed sesuai dengan aktivitas orang yang mengenakannya, dengan sedikit “kreativitas” efek lain dapat diciptakan. Misalnya, untuk mendapatkan efek jiplakan bentuk dompet atau koin yang unik pada Dry Denim, pemakai Dry Denim cukup menaruh dompet di saku belakang celana atau koin pada katung belakang maupun coin pocket. Pada skala yang lebih tinggi, penggila denim juga sering menaruh kunci, kemasan permen berbentuk unik hati, lingkaran atau persegi panjang, flasdisk, atau benda-benda kecil lain yang sekiranya dapat menghasilkan efek akhir yang unik dan berbeda.

 

Dapatkan koleksi dry denim berkualitas Lee Cooper di leecooper.co.id!