Gaya berbusana para musisi Britania Raya banyak memberi influence di dunia fashion. Khususnya di kalangan anak muda. Para idola musik asal Inggris semisal The Beatles, The Rolling Stones, The Clash , BLUR, OASIS, hingga Ian Curtis dari Joy Division kerap jadi panutan dalam penampilan sehari-hari. Meski signature fashion item dari masing-masing ikon musik berbeda-beda, ada beberapa signature fashion item yang bisa kamu kenakan jika ingin bergaya seperti pada idolamu itu. Apa saja? Check this out!


1. Long Coat atau Trench Coat

Fashion item satu ini memang tergolong jarang dikenakan di negara-negara tropis dan lebih lumrah saat dipakai di negara-negara dengan empat musim. Tetapi, salah satu fashion item favorit NoelGallagher dan Ian Curtis ini tetap bisa kamu jadikan pilihan dengan mengenakannya saat acara di malam hari atau saat udara lebih dingin dari biasa.

2. Parka

Parka sangat identik dengan Mods Style. Outer yang populer sebagai jaket kasual di era 1950-an dan 1960-an ini awalnya digunakan untuk melindungi pakaian para Mods agar tidak cepat rusak dan lusuh saat mengendarai scooter. Para personel band BLUR dan OASIS, terutama Graham Coxon dan Liam Gallagher sering mengenakan parka dalam padupadan busana.

3. Stripes Top

Atasan bermotif stripes mungkin terkesan biasa saja, namun sejak Graham Coxon terlihat begitu sering mengenakannya, stripes top seolah menjadi signature style gitaris BLUR ini dan dengan cepat menjadi tren dikalangan anak muda. Untuk mendapatkan gaya yang maksimal, kamu bisa memadukan Stripes Top dengan parka atau blazer seperti yang sering dikenakan Graham Coxon.

4. Setelan Rapi

Kemeja lengan panjang, jas atau blazer, celana bahan dan dasi sepertinya menjadi salah satu gaya berbusana yang tak bisa terpisahkan dari musisi Inggris. Setiap era selalu ada musisi atau band yang mewakili gaya berbusana rapi ala The Beatles, misalnya saja Jarvis Cocker, vokalis band Pulp. Jika kamu ingin mengenakannya, coba aplikasikan gaya ini untuk acara-acara formal yang akan kamu hadiri.

5. Some Good Choice of Shoes

Pilih sepatu yang tepat untuk gaya yang kamu suka. Jika kamu ingin mencoba untuk gaya kasual ataupun rebel yang terinspirasi dari British Rockstar, pilih sepatu boots tinggi bersol tebal. Tapi jika kamu lebih suka bergaya lebih rapi, kenakan saja oxford shoes atau derby shoes.