Nonton film Indonesia mungkin merupakan salah satu aktivitas yang sering kamu lakukan, baik di layar lebar alias bioskop atau layar televisi. Tapi, pernahkah kamu memperhatikan outfit yang dikenakan para aktor dan aktrisnya? Outfit yang dikenakan para pemeran layar lebar punya istilah keren “wardrobe”. Pemilihan wardrobe untuk para pemeran film tidak sembarangan karena akan disesuaikan dengan karakter, jalan cerita dan setting tempat film tersebut. Nah, jika kamu cukup jeli memperhatikan, pemeran dalam film Indonesia sering mengenakan jeans sebagai setelan kerennya. Ditambah dengan padupadan busana lainnya seperti T-shirt, sweater, blazer dan jaket baseball, jadilah penggunaan jeans oleh para aktor dan aktris di film-film Indonesia semakin sedap dipandang.

Mengembalikan ingatan ke tahun 2005 silam, kamu pasti masih ingat dengan Joni “Janji Joni”, si pengantar roll film yang jungkir balik berusaha tepat waktu mengantarkan roll film yang jadi amanatnya ke salah satu bioskop di Jakarta. Kalau kamu perhatikan, karakter Joni yang diperankan oleh aktor Nicholas Saputra tidak pernah berganti wardrobe sejak awal film hingga akhir, jeans light indigo dipadukan T-shirt, jaket baseball dan sepatu kets serta messenger bag berisi roll film. Gaya yang terlihat kasual ini terlihat pas dengan karakter Joni sebagai anak muda yang easy going dan optimis. 

Berbeda dengan Joni di “Janji Joni”, karakter-karakter dalam film “Serigala Terakhir” yang dibintangi Vino G Bastian, Dion Wiyoko, Fathir Muchtar, Ali Syakieb dan Dallas Pratama membawa representasi jeans pada level berbeda. Bercerita tentang kerasnya kehidupan yang dijalani sekelompok anak muda, kesan yang akan kamu dapat dari pemilihan wardrobe destroyed jeans dan jaket jeans adalah rebel, bold, free spirited.

Selain dua judul film seperti yang sudah dibahas diatas, ada juga film “The Raid 2: Berandal” yang menampilkan aksi Iko Uwais dengan jeans robek-robek penuh darah saat berkelahi dengan karakter ‘The Assassin’, film “Street Society” yang mencuri perhatian dengan wardrobe stylish dengan jeans yang dikenakannya karakter di dalamnya,  film “Laura & Marsha” yang memperlihatkan bagaimana jeans tetap jadi favorit untuk backpakers keliling Eropa dan film “La Tahzan” yang menampilkan gaya trendi karakter Yamada yang diperankan Joe Taslim dalam memadupadankan jeans.