Pecinta denim pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah fading. Singkatnya, fading adalah perubahan warna denim atau jeans di bagian-bagian tertentu yang terjadi karena proses pemakaian. Fading pada jeans adalah seni dan kepuasan tersendiri bagi para denim lovers.

Efek fading pada jeans bisa terlihat keren jika dirawat secara baik.  Nah bagaimana memaksimalkan efek fading yang timbul pada jeans kesayangan? Ini dia:

  1. Cuci jeans bila sudah terasa sangat kotor dan tak nyaman dikenakan.
  2. Khusus untuk Dry Denim atau Raw Denim, jika ingin mencuci tunggu sampai minimal 6 bulan pemakaian. Untuk tips merawat Dry Denim bisa klik di sini.
  3. Ingin menghasilkan efek fading yang unik? Coba selalu taruh koin & dompet di kantung belakang celana jeansmu atau kamu juga bisa menambahkan barang-barang lain untuk mendapatkan efek bentuk unik seperti bulat, bentuk hati atau apapun.
  4. Sebaiknya jemur jeans dengan cara membalik bagian dalam ke bagian luar dan hindari menjemur tepat di bawah sinar matahari yang terik. Cukup diangin-angin saja.
  5. Pada saat menyetrika jeans, balik bagian dalam ke bagian luar dan setel setrika dalam kondisi tidak terlalu panas karena bisa merusak bahan jeans & menghilangkan fading yang sudah ada.

Sebagian pecinta denim menyarankan untuk tidak  terlalu sering mencuci denim karena efek fading pada denim jadi tidak maksimal. Hal ini memang benar. Teorinya, fading terjadi akibat adanya gesekan pada bagian-bagian tertentu setelah pemakaian. Gesekan tersebut membuat indigo jeans terlepas.

Nah, mencuci dan merendam membuat indigo jeans pada bagian yang terkena gesekan tersebut terlepas lebih banyak dari yang semestinya. Karena itu fading yang dihasilkan menjadi berlebihan dan terlalu kasar. Kamu bisa membedakan jeans mana yang pudar karena pemakaian dan perawatan maksimal atau karena sering dicuci. Hasil akan terlihat lebih vintage pada jeans yang jarang kena proses perendaman dan pencucian.

Setelah tahu bagaimana mengkreasikan sebuah fading yang keren, yuks kita mix and match dengan Faded Jeans.

  1. Ingin tampil kasual dengan kesan sedikit rapi, padukan faded jeans bersama kemeja putih, cardigan dan sneakers.
  2. Ada agenda hangout bareng teman atau rekan kerja di siang hari? Atau bersama keluarga? Kenakan faded jeans kamu bersama t-shirt lengan panjang berbahan tipis. Padukan dengan sneakers warna cerah tapi tidak berlebihan. Kamu akan terlihat semakin cool!
  3. T-shirt, blazer, boots and dark faded jeans?  You will never go wrong with this style, super cool!
  4. Ikuti gaya santai Cameron Diaz. Kenakan faded jeans bersama thank top, jaket katun dan strap sandals.
  5. Paduan checked shirt & faded jeans mungkin jadi pilihan tepat. Jangan lupa kenakan checked shirt sebagai luaran untuk menambah aksen yang unik.
  6. Kombinasikan skinny faded jeans bersama thank top/printed t-shirt, blazer dan heels, lalu tambahkan scarf. Fabulous!