Di bulan November, Lee Cooper membuat tema "Re-Green the World' untuk meningkatkan sedikit kepedulian kita terhadap sekitar. Sudahkah kamu melestarikan lingkungan sekitar, setidaknya rumah kamu sendiri? Kita berbagi beberapa cara untuk melestarikan lingkungan yuks.

Menurut data yang dihimpun Kementrian Lingkungan Hidup, menlh.go.id, Indonesia merupakan negara megabiodiversitas atau negara yang memiliki wilayah dengan keanekaragaman hayati sangat tinggi.

Sedikitnya ada 90 tipe ekosistem, 40.000 spesies tumbuhan dan 30.000 spesies hewan yang ditemukan di Indonesia. Namun sayangnya, Kementrian Lingkungan Hidup juga mencatat ada 184 jenis mamalia, 119 jenis burung, 32 jenis reptile dan 31 jenis amphibi endemik Indonesia yang terancam punah akibat ulah manusia yang merusak lingkungan dan melakukan perburuan liar.

Lantas apa yang dapat kita lakukan untuk ikut serta melestarikan lingkungan dan melindungi hewan langka dari kepunahan?

Melestarikan dan menjaga lingkungan hidup memang bukan hal yang mudah, tetapi bukan juga hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan cara-cara sederhana, kita sebagai generasi muda bisa turut serta menjaga kelestarian lingkungan. Nah, hal-hal sederhana berikut ini adalah cara yang bisa kamu terapkan agar lingkungan tetap lestari.

  1. Tidak memelihara hewan-hewan yang dilindungi, misalnya saja ular piton hijau dan Kura-kura Papua.
  2. Tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari bagian tubuh hewan yang dilindungi seperti makanan dari sirip ikan hiu juga penyu.
  3. Buang sampah pada tempatnya. Hal ini mungkin terdengar klise, tetapi membuang sampah pada tempatnya dapat berdampak besar untuk mengurangi polusi air, tanah dan udara bila dilakukan dengan penuh kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat.
  4. Hemat energi. Mematikan AC bila tidak ada orang dalam ruangan, bijaksana dalam pemakaian air bersih, melepaskan charger gadget seusai pemakaian adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi.
  5. Sebisa mungkin memanfaatkan transportasi umum dalam beraktivitas.
  6. Gunakan tissue dan kertas seperlunya saja.

Manfaatkan momen Car Free Day yang sudah dilaksanakan di beberapa kota untuk berolahraga sembari merasakan betapa nyamannya waktu yang dilalui dan udara yang dihirup tanpa polusi yang terlalu menyesakkan.

Mudahkan? Ayo mulai lestarikan lingkungan dari hal yang sederhana!