Semua pemuda Indonesia di mana pun berada kalau ditanya apakah cinta kepada bangsanya pasti menjawab "iya" atau "pastilaahh" tanpa keraguan sedikitpun. Tapi coba pertanyaannya diubah sedikit, apakah kamu bangga terhadap Indonesia dan menjadi orang Indonesia? Suara yang tadi yakin menjawab iya mulai melemah. Apa bedanya?

Bayangkan sebuah hubungan, di mana si laki-laki atau perempuan mengaku mencintai pasangannya tapi tidak pernah pede untuk mengakui hubungan mereka di depan publik dengan berbagai alasan. Sebisa mungkin tidak ada yang boleh tahu status hubungan mereka dan sebisa mungkin nama pasangan tidak muncul dalam pembicaraan dengan siapapun. Itulah kadang cara kita memperlakukan bangsa besar ini.

Padahal dukungan moral sangat dibutuhkan untuk mendorong kucing ini tumbuh menjadi macan Asia lagi. Kalau kita sendiri menolak membanggakan pasangan, siapa lagi? Jangan baru panik ketika ada orang lain yang lebih peduli dengan apa yang dimiliki pasangan, sama seperti ketika bangsa ini heboh ketika miliknya diklaim oleh tetangga yang tanpa sungkan mengakui bahwa mereka mengagumi dan ingin membanggakan yang dimiliki tetangganya.

Terus, apa yang bisa dibanggakan dari bangsa ini? Memang ada prestasinya? Kok saya tidak tahu? Looks like you've been following the wrong Twitter accounts, friends. Berita pencapaian orang-orang Indonesia di kancah internasional bertebaran di internet, google it.

Mari kita perbaharui sumpah kita bagaikan pasangan yang melakukan komitmen ulang; we will make our country proud! Mari bersumpah bahwa dalam berkarya dan melakukan apapun, kita akan melakukan yang terbaik dan berusaha membuat ratusan juta saudara sebangsa kita bisa berjalan lebih tegak dan bangga menyebutkan darimana mereka berasal.

Sebarkan berita baik dan berhenti fokus pada mengeluh dan menyebarkan berita buruk soal bangsa kita sendiri. Ini bukan negara dunia ketiga, ini negara ketiga di dunia yang akan menjadi adi kuasa.

u00a0Buktikan kita bisa menghasilkan karya seni, terobosan pemikiran, penemuan ilmiah dan sebagainya sehingga tidak lagi dikenal sebagai negara penghasil buruh murah, TKI, koruptor dan teroris. Mau? Sumpah? Mari bersalaman..+62 rules!!

*penulis adalah rapper, musisi, penulis lagu dan produser yang lagu-lagunya dipakai oleh berbagai institusi di antaranya video game Rush Bros yang dirilis secara internasional dan Manchester United-Achilles. www.jflowrighthere.com @jflowrighthere.